Tips melancarkan haid – Banyak wanita yang mengeluhkan masalah haid atau datang bulan yang tidak teratur.  Tidak jarang wanita merasakan cemas yang luar biasa apabila tamu bulanan ini tak kunjung datang. Bagi yang menginginkan momongan ini merupakan awal yang baik sedangkan bagi yang belum menikah sudah pasti ini merupakan pertanda buruk dan kecemasan pun melanda.

Pada dasarnya datang bulan dialami oleh wanita sebulan sekali dengan tanggal yang tidak jauh berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Namun ada beberapa wanita yang mengalami hal yang berbeda yaitu yang seharusnya hari pertama haid terjadi dikisaran antara tanggal 17-20 tetapi pada tanggal 25 belum datang bulan juga. Faktor utama penyebab keterlambatan atau ketidaklancaran siklus haid tersebut umumnya disebabkan dari strees dan juga pola makan yang tidak sehat atau teratur. Untuk mengatasi hal tersebut ada berbagai cara yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengkonsumsi nanas dan mangga

Nanas dan mangga merupakan jenis buah-buahan tropis yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Selain menyegrakan, ternyata kedua buah tropis ini memiliki manfaat dalam membantu melancarkan haid. Sebaiknya buah ini dikonsumsi secara rutin karena dapat meningkatkan suhu tubuh wanita. Sehingga membantu haid untuk datang lebih cepat.

  1. Berhubungan dengan pasangan

Menurut para ahli berhubungan intim dengan pasangan (bagi yang menikah) dapat membuat organ intim wanita lebih rileks, dan juga membuat leher rahim melunak karena tubuh yang memproduksi hormon ini merupakan salah satu fase dari haid.

  1. Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi terjadinya stress. Olahraga ringan disarankan setiap harinya atau paling tidak 2 hari sekali secara rutin.

  1. Menjaga berat badan

Kegemukan merupakan salah satu faktor penyebab haid tidak lancar. Jaringan lemak berlebih yang menumpuk pada tubuh menyebabkan pelepasan estrogen yang menyebabkan darah haid keluar berlebihan. Hal ini terjadi karena estrogen distimulasi oleh dinding rahim yang bisa mempengaruhi ovulasi. Agar haid tetap teratur maka perlu untuk menjaga berat badan, serta memastikan kadar estrogen dan kolestrol tetap stabil.

  1. Mengkonsumsi vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C ternyata dipercaya dapat mengatasi masalah haid, karena vitamin C memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar progesteron. Namun dalam mengkonsumsi vitamin C harus disertai minum air putih yang cukup banyak. Karena jika vitamin C dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi tanpa diimbangi dengan minum air putih dapat memicu terjadinya batu ginjal dan diare.

  1. Mengkonsumsi air jahe hangat

Meskipun hanya dari mulut kemulut saja ternyata mengkonsumsi air jahe hangat sudah teruji dikalangan medis untuk melancarkan haid. Tapi dalam mengkonsumsinya agar terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui kondisi tubuh anda bisa atau tidak meminumnya.

Nah itu tadi pembahasan mengenai 6 tips dalam melanncarkan haid tidak lancar atau teratur. Semoga bermanfaat dan bisa membantu mengatasi keluhan haid yang tidak teratur.