Beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan termasuk mengencangkan otot, meningkatkan kesehatan jantung, dan sirkulasi darah yang lebih baik. Manfaat kesehatan ini adalah alasan di balik popularitas bersepeda selama bertahun-tahun. Bersepeda adalah salah satu bentuk yang paling sederhana dari berolahraga, sebagai aktivitas fisik moderat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bersepeda tidak hanya sebuah olahraga; namun juga digunakan sebagai sarana transportasi di banyak negara. Bersepeda membantu dalam menggabungkan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari anda. Dari anak-anak sampai orang tua, setiap orang dapat dengan mudah memilih bersepeda untuk hidup yang lebih sehat!

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Tubuh manusia membutuhkan aktivitas fisik untuk fungsi normal. Setidaknya tiga puluh menit dari aktivitas fisik sedang hingga intens sangat penting dan diperlukan untuk mencapai kesehatan jangka panjang. Selain manfaat kesehatan fisik, ada juga manfaat sosial dan mental yang membuat bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan. Beberapa manfaat kesehatan ini meliputi:

 

Mengobati Arthritis (Radang Sendi)

Manfaat bersepeda berikut ini mungkin banyak yang belum menyadari. Bersepeda telah dicatat menjadi salah satu latihan terbaik, baik untuk mencegah atau mengurangi arthritis. Bersepeda di luar ruangan dan bersepeda statis dalam ruangan keduanya sama-sama bermanfaat dalam mengurangi dan mencegah arthritis. Otot-otot di paha dan kaki bagian bawah yang digunakan selama bersepeda bermanfaat dalam mengendalikan arthritis.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat bersepeda juga termasuk dalam menjaga berat badan yang sehat. Bersepeda adalah olahraga yang sangat baik untuk membakar kalori. Seseorang yang bersepeda dengan kecepatan 15 km/jam, membakar 260 kalori dalam satu jam. Bersepeda melatih otot-otot di bagian depan paha dan bokong. Berlatih secara teratur membantu seseorang mempertahankan struktur tubuh yang ramping.

 

Menurunkan Risiko Kanker

Penyakit, seperti kanker, dapat dikurangi secara signifikan dengan mengadopsi kegiatan fisik seperti bersepeda dan berjalan kaki. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengambil kegiatan fisik dengan tingkat moderat ke tinggi di usia dini dan menengah, akan mengurangi risiko terkena kanker. Di sisi lain, risiko kanker tidak menurun pada orang-orang yang statis (banyak diam).

Manajemen Stress

Manfaat bersepeda lainnya yang tak kalah penting adalah bersepeda dapat dilakukan juga untuk mengurangi stress dan bersenang-senang. Para ahli mengatakan bahwa bermain setiap jenis olahraga dapat mengurangi stress, tetapi dalam banyak kasus, melakukan permainan dalam olahraga tidak memungkinkan bagi banyak orang. Sebaliknya, seseorang dapat menghabiskan waktu mengendarai sepeda, yang juga sama-sama bermanfaat dalam mengurangi stress dan depresi.

 

Mengendalikan Nyeri

Bersepeda telah terbukti membantu dalam mengendalikan nyeri. Bersepeda dianggap sebagai olahraga “pelepasan”. Olahraga pelepasan memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi masalah fisiologis dan psikologis seperti stress, ketegangan, dan rasa sakit. Bersepeda adalah strategi pengurang rasa sakit yang telah diterima secara luas, yang tidak hanya diterapkan pada anak-anak, namun juga berguna untuk orang dewasa.

Kesehatan Kardiovaskular

Salah satu manfaat bersepeda yang sangat penting adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Olahraga ini melatih jantung dan mendorong kesehatan yang baik. Penelitian pada laki-laki paruh baya menunjukkan hasil positif dalam hal fungsi kardiovaskular. Dibandingkan dengan orang yang sering duduk, mereka yang berpartisipasi dalam kegiatan seperti bersepeda, berjalan, dan lari menunjukkan fungsi kardiovaskular yang meningkat.

Mengendalikan Diabetes

Diabetes meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, penyakit kulit, penyakit mata, penyakit ginjal, dan berbagai penyakit lainnya. Diabetes dapat dikendalikan melalui aktivitas fisik, termasuk bersepeda. Bersepeda dapat sangat bermanfaat dalam mengendalikan diabetes karena glukosa dalam darah ditarik oleh sel dan diubah menjadi energi yang berguna.

Memperkuat dan Mengencangkan Otot

Bersepeda merupakan kegiatan mengayuh yang sangat intens. Biasanya, kegiatan ini diasumsikan membantu dalam mengencangkan otot-otot betis dan paha, tetapi sebenarnya merupakan latihan fisik secara keseluruhan dan melibatkan pergerakan hampir setiap bagian tubuh. Otot lengan juga diperkuat, karena mereka diwajibkan untuk menyeimbangkan sepeda. Pada anak-anak, terjadi peningkatan dalam kesehatan tulang dan otot setelah sesi bersepeda secara teratur. Bahkan ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa kesehatan otot secara langsung berkaitan dengan bersepeda.

 

Meningkatkan Energi

Bersepeda membantu meningkatkan stamina tubuh dan memperbesar kapasitas daya tahan seseorang. Tingkat energi menjadi lebih tinggi, sehingga antusiasme di tempat kerja dan dalam menjalankan aktivitas-aktivitas lainnya secara umum meningkat. Hal ini akan membuka opsi untuk mengikuti kegiatan kebugaran lain.

Dampak Lingkungan dari Bersepeda

Bersepeda adalah model transportasi yang ramah lingkungan, karena mengurangi polusi di lingkungan kita dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Sehingga, bersepeda tidak hanya mendorong kesehatan tubuh yang baik, tetapi juga lingkungan yang lebih baik. Bersepeda 10 km setiap hari ke tempat bekerja misalkan dapat mencegah emisi minimal 1,3 ton gas rumah kaca per tahun. Hal ini akan mengurangi risiko berbagai penyakit fatal dan masalah kesehatan yang mempengaruhi jutaan orang karena polusi udara. Kendaraan bermotor di perkotaan adalah sumber terbesar gas rumah kaca seperti karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur oksida, oksida nitrogen, dan hidrokarbon. Emisi gas berbahaya ini merusak sistem saraf dan juga bertanggung jawab untuk masalah pernapasan yang kronis. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rutin bersepeda akan mengurangi kerentanan terhadap efek buruk polusi karena mereka cenderung untuk menghirup udara yang lebih bersih. Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia telah mengungkapkan bahwa setiap tahun terjadi 900-2000 kematian dini karena polusi udara. Sekitar 900-4500 kasus penyakit kardiovaskular, bronkitis, dan masalah pernapasan lainnya telah dilaporkan terjadi di Australia setiap tahunnya yang memakan biaya antara 1.5-3.8 milyar dolar untuk biaya pengobatan. Bersepeda mungkin satu-satunya sarana transportasi yang tidak menyebabkan penyakit, selain itu juga juga dapat membantu orang-orang yang sudah menderita dari masalah kesehatan.

Terlepas dari polusi udara, polusi suara juga bisa diberantas sampai tingkat yang besar dengan bersepeda. Bersepeda adalah model transportasi tanpa suara, dan dengan demikian tidak membuat suara apapun yang negatif, yang dapat mempengaruhi orang-orang baik muda maupun tua. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1993 di NSW menunjukkan bahwa 73% dari populasi terkena pencemaran lingkungan yang berasal dari suara. Hal ini menunjukkan berapa besar dampak polusi suara terhadap kesehatan manusia serta lingkungan.

Aturan Keselamatan Bersepeda

Bersepeda merupakan suatu aktivitas fisik lengkap yang memiliki berbagai macam manfaat kesehatan yang bisa anda nikmati. Namun, beberapa tindakan pencegahan harus diambil sebelum memilih untuk bersepeda, baik sebagai olahraga biasa atau sebagai sarana transportasi.

Penting untuk memakai pakaian yang cocok ketika bersepeda. Pakaian yang longgar mungkin dapat tersangkut selama bersepeda dan menyebabkan masalah serius, terutama jika anda bersepeda di lalu lintas ramai.
Bawalah cukup air putih dan minum dengan sering untuk mencegah dehidrasi yang mungkin disebabkan karena aktivitas bersepeda.

Peregangan otot adalah sesuatu hal yang penting karena menghangatkan tubuh dan mempersiapkan diri untuk aktivitas fisik intens bersepeda.

Mengenakan helm mungkin menjadi ukuran keselamatan paling penting yang perlu anda ambil. Hal ini mencegah cedera kepala dalam kasus kecelakaan yang mungkin terjadi. Juga, pertimbangkan untuk memakai pelindung siku dan lutut yang tepat untuk perlindungan secara menyeluruh.

Bersepeda bukan sekedar aktivitas fisik yang dimaksudkan untuk tujuan kebugaran. Ini juga merupakan alat transportasi dan dengan demikian memungkinkan orang untuk tetap fit bahkan ketika mereka akan bekerja, berbelanja, atau bersenang-senang dengan teman-teman. Penggunaan kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor, dan bus pasti membuat hidup lebih cepat dan lebih mudah untuk semua orang, tetapi mereka juga mengurangi umur seseorang. Memasukkan bersepeda sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari tidak hanya mendorong kesehatan manusia saja, tapi juga kesehatan planet ini.

Demikian artikel tentang manfaat bersepeda, semoga bermanfaat dan semakin mendorong orang-orang untuk menggunakan sepeda, baik sebagai alat kebugaran maupun sebagai alat transportasi.