Manfaat olahraga selama ini sudah diketahui oleh masyarakat umum, namun hanya sedikit sekali manfaat yang diketahui oleh masyarakat sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk tidak melakukan olahraga. Masyarakat yang gemar olahraga adalah masyarakat yang sudah tahu pentingnya olehraga di dalam kehidupan, sayangnya masyarakat yang sibuk bekerja sering mengabaikan pentingnya olahraga. Setiap hari, kita dianjurkan untuk bisa melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit. Kesadaran masyarakat untuk melakukan olahraga masih sangat minim sehingga hanya sedikit saja masyarakat yang gemar melakukan olahraga.

Orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan sangat rentan untuk terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk dengan sempurna sehingga bisa melindungi dirinya dari berbagai penyakit. Yang harus dilakukan saat ini adalah masyarakat mulai sadar pentingnya melakukan olahraga dan mulai melakukan olahraga saat ini juga.

Masyarakat hanya mengetahui satu atau dua manfaat saja dari melakukan olahraga. Masyarakat juga sering mengait-ngaitkan olahraga dengan diet atau menurunkan berat badan, sehingga orang yang memiliki berat badan ideal sangsi jika harus melakukan olahraga. Padahal manfaat olahraga tidak hanya sebatas itu saja. Olahraga sangat penting buat kesehaatan asalkan cara melakukannya tepat dan tidak salah. Jika salah dalam melakukan teknik olahraga akibatnya adalah tubuh akan terasa pegal dan tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga. Diperlukan tekat yang kuat agar bisa melakukan olahraga secara berkesinambungan. Berikut ini berbagai macam manfaat olahraga yang harus diketahui oleh masyarakat agar meningkatkan kesadaran untuk melakukan olahraga

Manfaat Umum Olahraga

Meringankan Kerja Jantung

Olahraga teratur bisa membuat kinerja jantung menjadi ringan karena dengan olahraga bisa membantu jantung dalam mengalirkan darah atau memompa darah ke seluruh tubuh.

Melancarkan Aliran Darah

Olahraga bisa membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Alasannya adalah dengan olahraga, otot menjadi lentur terutama otot yang ada di pembuluh darah. Otot yang lentur bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah bisa dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.

Meningkatkan Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga seperti berenang dan berbagai macam olahraga lainnya bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Apalagi jika pertumbuhan tersebut ditunjang dengan berbagai macam makanan yang bergizi serta susu berkalsium tinggi. Anak remaja tersebut bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak heran jika anak remaja yang suka berolahraga akan mendapatkan gigi yang sehat dan juga tubuh yang tinggi karena pertumbuhan tulangnya maksimal. Tidak seperti remaja yang malas berolahraga, tulang tidak bisa tumbuh secara maksimal sehingga tubuh akan semakin kesamping sedangkan tulang tidak semakin tumbuh ke atas.

Menjaga Kepadatan Tulang

Olahraga yang teratur didukung dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium bisa menjaga kepadatan tulang, terutama tulang belakang. Olahraga ringan seperti jogging setiap pagi bisa membuat tulang semakin padat dan kokoh. Itu artinya, jika tulang sehat, padat dan juga kokoh orang yang hobi melakukan olahraga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Penyakit tulang yang berbahaya adalah penyakit osteoporosis

Mencegah Terjadinya Obesitas

Obesitas bisa dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur. Penyebabnya adalah ketika anda berolahraga, lemak dan kadar kolesterol di dalam tubuh anda akan dibakar saat berolahraga sehingga tubuh anda akan tetap ramping dan terhindar dari kegemukan atau obesitas.

Meningkatkan Gairah Seks

Olahraga juga bisa meningkatkan gairah seks, tidak perlu alat perangsang seksual atau ramuan khusus. Cukup dengan berolahraga, gairah seks yang tadinya menurun atau tidak ada kini muncul kembali. Penyebabnya adalah dengan berolahraga anda bisa meningkatkan hormon totesteron di dalam tubuh, hormon itu merupakan hormon yang berpengaruh kepada gairah seksual dan libido seseorang.

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh bisa dijaga degan cara berolahraga secara teratur. Tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan gangguan metabolisme, metabolisme yang tidak seimbang akan membuat seseorang mudah terkena berbagai macam penyakit kronis.

Membuat Tidur Berkualitas

Jika anda sering terjaga di setiap malam atau terjaga di sela-sela tidur malam anda, bisa jadi anda sedang mengalami tidur yang tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan misalnya saja tekanan darah tinggi dan juga jantung. Orang yang mengalami tidur tidak berkualitas bisa dicari penyebabnya. Salah satu penyebab orang mengalami tidur yang tidak berkualitas adalah stress yang berlebihan dan ketidakseimbangan hormon. Dengan berolahraga, stress bisa teratasi dan bisa menyeimbangkan tubuh terutama hormon-hormon yang ada di dalam tubuh manusia. Jika stress bisa teratasi dan keseimbanagan hormon terjaga maka tidur yang berkualitas pun bisa didapatkan. Memiliki tidur yang berkualitas sama saja anda sedang mendapatkan kesehatan anda.

Mencegah Insomnia

Ketika anda sulit tidur, cobalah untuk berolahraga ringan. Insomnia bisa diatasi dengan cara olahraga secara teratur.

Menjaga Fleksibilitas Otot

Otot tubuh yang tidak digunakan untuk berolahraga bisa kaku dan sering terkena penyakit otot. Dengan berolahraga otot akan menjadi lentur. Ketika otot menjadi lentur atau fleksibel berbagai macam penyakit otot misalnya saja nyeri otot, kram dan masih banyak lagi lainnya bisa diatasi.

Meningkatkan Kinerja Otot Dan Daya Tahan Otot

Tidak hanya kelenturan otot saja yang bisa didapatkan dengan cara olahraga, kinerja otot dan daya tahan otot pun bisa didapatkan. Jika otot kuat dan daya tahan otot bagus, otot akan mudah diajak bekerja sama ketika digunakan untuk bekerja berat terutama kerja yang mengandalkan kinerja dari otot. Pekerjaan itu misalnya kuli panggul, kuli batu dan juga petani.

Membantu Keseimbangan Hormon

Gangguan hormon bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Anda tidak boleh menyepelekan masalah hormon tersebut, hal itu dikarenakan hormon yang tidak seimbang pada wanita bisa menyebabkan wanita mengalami pendarahan di sela-sela masa menstruasinya. Bahkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh manusia terutama wanita bisa menyebabkan wanita tersebut terkena kanker.

Menghindari Penyakit Jantung

Olahraga bisa digunakan untuk meringan kinerja jantung, jika kinerja jantung semakin ringan berbagai macam penyakit jantung dan gangguan jantung pun bisa teratasi atau dhindari.

Meningkatkan Sistem Imun

Olahraga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh manusia. Saat anda berolahraga, zat antibodi di dalam tubuh anda akan meningkat. Zat antibodi inilah yang membentuk sistem imun pada tubuh manusia. Jika zat antibodinya meningkat tetu saja sistem imun di dalam tubuh akan menjadi meningkat. Sistem imun inilah yang bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Ketika manusia terkena flu dan juga batuk, dengan sendirinya sistem imun itu bisa menyembuhkan penyakit di dalam tubuh manusia tanpa obat. Manusia dengan sistem imun yang jelek, flu dan batuk yang menyerangnya tidak bisa diobati begitu saja atau tidak bisa sembuh begitu saja, sehingga orang tersebut akan terserang flu dan batuk dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

Manfaat berolahraga di pagi hari

Studi
Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari terbaik untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan tidur.
Dr. Scott Collier dari Appalachian State University memandang efek yang telahberolah raga pada tekanan darah. Bersama dengan riset asisten Kimberly Fairbrother dan BenCartner, Collier dilacak tingkat tekanan darah serta pola tidur sekelompok orang antara usia 40-60. Orang-orang ini melakukan latihan moderat tiga kali seminggu selama 30 menit pada suatu waktu. Mereka menjalankan pada tiga waktu yang berbedasiang hari: 7 AM, 1 PM dan 7 PM.
Hasil
Semua peserta yang terlibat dalam latihan di pagi  menunjukkan 10% pengurangan tekanan darah. Penurunan tingkat tekanan darah berlangsung sepanjang hari. Pada malam ini individu tidur lagi,siklus tidur telah  lebih baik, dan menunjukkan 25%penurunan tekanan darah.
Collier melaporkan:
“Banyak yang mengejutkan kami,  pelaksanaan adalah lebih baik dari segi mengurangi tekanan darah sepanjang hari dan manfaat tidur yang lebih besar daripada latihan pukul 7 malam, dan ada sedikit tekanan darah atau manfaat tidur ketika latihan dilakukan pukul 1″.
“Kami belum tahu mekanisme fisiologis yang mengakibatkan perubahan ini, tetapi kita tahu cukup untuk mengatakan jika Anda perlu menurunkan tekanan darah Anda dan jika Anda perlu untuk meningkatkan kualitas tidur, pukul 7 mungkin adalah  waktu terbaik untuk berolahraga.”
Jadi jika Anda adalah orang yang beresiko masalah jantung atau menderita tekanan darah tinggi atau gangguan tidur, pagi latihan rutin mungkin terbaik. Namun, ada kelebihan yang berbeda yang dapat diperoleh dari rezim latihan malam.

Manfaat berolahraga setelah bekerja/Malam

Studi
Sebuah studi yang dilakukan di pusat penelitian klinis dari University of Chicago menemukan bahwa orang-orang yang mengambil bagian dalam latihan setelah bekerja mencapai tingkat kebugaran yang lebih tinggi daripada orang-orang yang dilakukan di pagi hari.
Penelitian ini melibatkan mengambil sampel darah dari 40 kesehatan pria berusia antara 20-30. Orang-orang dibagi menjadi lima kelompok. Empat tim menyelesaikan rezim latihan yang kuat di pagi, sore, atau malam hari. Kelompok kelima tidak berolahraga sama sekali. Para peneliti memperoleh sampel darah dari setiap peserta untukmelihat apa tingkat mereka dua endokrin hormon kortisol dan thyrotropin.
Hasil
Telah ditemukan bahwa kedua hormon ini meningkat daya  di orang-orang yang telah melakukan olahraga baik di malam hari atau pagi. Itu juga menemukan bahwa kelompok yang sama orang mengalami penurunan kadar glukosa mereka.
Dr Orfeu Buxton, kepala peneliti, berkata: “Ini adalah tanda-tanda bahwa metabolisme Anda menyesuaikan baik untuk olahraga teratur dan menunjukkan mungkin lebih baik untuk melatih setelah bekerja daripada hal pertama di pagi hari.”
Penjumlahan
John Trower, Direktur teknis di UK atletik, ujar atletatlet biasanya melakukan pelatihan teknis di pagi hari dan latihan yang keras antara 4 dan 6 PM. Namun, ia mencatat bahwa ini tidak cocok untuk semua orang.
“Beberapa orang memiliki energi di  pagi hari dan orang lain mungkin memiliki lebih banyak energi pada malam hari. Itu adalah pilihan pribadi.”
Jadi, jika Anda mencoba untuk mengetahui kapan harus berolahraga dalam jadwal sibuk kerja Anda, Anda mungkin ingin melihat pada tujuan Anda. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung Anda dan mendapatkan tidur malam yang lebih baik, pagi hari adalah cara untuk pergi. Namun, jika Anda ingin meningkatkan tingkat kebugaran Anda dan mengurangi risiko  penyakit yang berkaitan dengan kadar glucose meningkat, seperti diabetes, olahraga malam rutin adalah pilihan terbaik Anda.

Perhatikan Keamanan Ketika Berolahraga Di Luar

keselamatan olahraga

Olahraga di luar rumah juga penting bagi kesehatan Anda, tetapi juga penting untuk menempatkan teknik keselamatan yang tepat. Sayangnya, bahkan akal metode yang Anda sering gunakan sebagai aturan umum untuk tetap aman kadang-kadang diabaikan dalam upaya untuk latihan sehari-hari.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa mendapatkan kembali di sisi kanan keselamatan.
1. Buddy Up

Berolahraga dengan seorang teman dapat membantu Anda menghindari kecelakaan dalam berbagai cara. Sebagai contoh, lebih mudah bagi pengendara untuk melihat dua orang yang  berlari atau pengendara sepeda dari pada hanya satu. Selain itu, jika Anda memiliki kesulitan saat melakukan tugas-tugas seperti hiking, teman latihan Anda dapat membantu Anda dengan aman melewati setiap hambatan. Memanfaatkan sistem buddy juga merupakan cara untuk memastikan bahwa Anda tidak memaksakan diri terlalu keras, karena Anda berdua dapat setuju terlebih dahulu untuk tetap berpegang pada batas-batas Anda. Sebagai bonus tambahan, teman Anda dapat juga berfungsi sebagai pengintai untuk memastikan bahwa Anda tidak melukai diri sendiri.

2. Menggunakan Bahan-Bahan Reflektif
Jika Anda akan menjalankan, Bersepeda, atau melakukan sesuatu yang lain di luar, bijaksana untuk menempatkan bahan reflektif pada gigi dan pakaian. Ini adalah sesuatu yang dilakukan oleh atlet selama maraton. Juga dapat memungkinkan pengendara untuk melihat Anda dalam kondisi yang temaram. Perlu diingat bahwa saat senjadan subuh yang tidak satusatunya waktu hari ketika garis-garis reflektif bisa menyelamatkan hidup Anda. Setelah semua, jika itu mulai hujan atau ada banyak gangguan lalu lintas, driver mungkin gagal untuk melihat Anda. Memiliki sesuatu pada tubuh Anda yang memantulkan cahaya adalah cara sempurna untuk meminimalkan risiko ini.

3. Membuat Peta Jalur Yang Akan Anda Lalui Dahulu 
Apakah Anda mempersiapkan untuk jogging atau bersepeda di area baru? Atau mungkin Anda ingin mengunjungi tempat yang sama setiap hari? Either way, itu pintar untuk memetakan jalur Anda terlebih dahulu. Ini akan membuat mungkin bagi Anda untuk melihat isu-isu yang bisa membuat latihan Anda lebih aman, termasuk konstruksi, penutupan jalan, dan acara khusus. Mengambil hanya beberapa menit untuk melihat ke dalam segala sesuatu yang dapat menyelamatkan Anda dari banyak kerepotan.
4. Membawa Air Dan Makanan Ringan
Kebanyakan orang hidrat sebelum mereka mulai mereka latihan rutin; Namun, Apakah Anda tahu bahwa itu penting untuk tetap terhidrasi sepanjang latihan Anda? Tanda-tanda bahwa Anda tidak mendapatkan cukup air untuk mendorong Anda melalui setiap latihan termasuk kram otot, kelelahan, dan pusing. Untuk menghindari masalah ini, selalu memiliki air dengan Anda sehingga Anda hidrat sebelum, selama, dan setelah latihan Anda. Hal ini juga cerdas untuk memiliki sehat, kaya protein makanan ringan dengan Anda sehingga Anda membuat pilihan makanan yang baik jika Anda merasa lapar setelah berolahraga.
5. Memberitahu Orang Lain Jalur Yang Akan Anda Lewati 
Jika Anda tidak dapat bekerja dengan seorang teman, Anda setidaknya harus membiarkan orang tahu mana Anda berencana untuk pergi Bersepeda, jogging, atau hiking. Ini akan memberikan Anda dengan sistem cadangan darurat jika sesuatu yang tidak beres dan tidak untuk meminta bantuan. Beritahu teman Anda tahu persis di mana Anda berencana untuk pergi dan berapa lama Anda mengantisipasi latihan Anda akan bertahan. Melakukan ini berarti bahwa seseorang akan selalu menunggu untuk Anda untuk check-in dengan mereka setelah Anda selesai. Jika Anda gagal untuk melakukannya, mereka dapat memberitahu pihak berwenang bahwa Anda membutuhkan bantuan.
6. Akomodasi
Pejalan kaki sekitar 150.000 memerlukan bantuan darurat setiap tahun, dan lain 4.700 mati setelah dipukul oleh kendaraan bermotor. Pelari dan berlari-lari adalah bagian dari persamaan ini, dan ribuan pengendara sepeda juga pada risiko menderita cedera serius atau bahkan fatal. Dengan ini dalam pikiran, cara terbaik untuk mencari tempat-tempat yang tidak dapat diakses oleh kendaraan bermotor. Namun, pastikan bahwa Anda memilih lokasi yang cukup aman untuk aktivitas pilihan Anda. Ini termasuk yang baik dan terletak di area kejahatan yang rendah.
7. Perhatikan Cuaca

Apakah Anda keluar pintu depan Anda tanpa memeriksa suhu dan apakah atau tidak badai adalah dalam perkiraan? Jika demikian, Anda mengambil risiko yang tidak perlu dengan kesehatan Anda. Tetap diperbarui tentang cuaca menjadikannya mungkin untuk memilih yang paling sesuai jenis latihan untuk memastikan keamanan Anda. Misalnya, jika Indeks panas 90 derajat Fahrenheit atau di atas, dokter menyarankan bekerja di keselamatan keren gym ber-AC yang sebaliknya. Weather Channel Baru saja ditambahkan bagian ke mereka situs (dan app) untuk membantu pelari melacak komponen yang diperlukan sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

8. Memakai Sepatu Dan Pakaian Yang Sesuai Dengan Benar
Ada banyak risiko yang terkait dengan memilih peralatan latihan salah. Jika sepatu tidak cocok yang tepat, Anda menjalankan resiko menyakiti kaki, lutut, dan punggung. Tidak semestinya ukuran pakaian dapat terjebak di sepeda atau penyebab chaffing. Pakaian Anda juga dapat menyebabkan Anda untuk menjadi terlalu panas atau mengeringkan lebih cepat jika tidak dibuat dari wicking bahan. Karena masalah potensial ini, Anda harus selalu memperhatikan alas kaki dan latihan pilihan pakaian.
9. Menghangatkan Sebelum  Sampai Setiap Latihan
Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencegah cedera jika Anda hangat untuk 20 untuk 30 menit pada permulaan setiap latihan. Jika Anda seorang pelari,ini mungkin berarti berjalan dan perlahan-lahan meningkatkan kecepatan Anda sampai Anda siap untuk mulai menjalankan. Melakukan bentuk ringan dari latihan kardiovaskular sebelum Anda mulai bekerja lebih keras baik bagi jantung Anda dan akan membuat Anda kurang kemungkinan untuk menderita cedera sebagai hasil dari latihan rutin.
10. Sebelum Dan Sesudah Merenggangkan

Untuk waktu yang lama, orang-orang percaya bahwa itu adalah paling bermanfaatuntuk peregangan sebelum mereka bekerja. Sekarang, ilmu memberitahu kita bahwa peregangan setelah latihan jauh lebih penting dan dapat memiliki dampak besarpada apakah atau tidak Anda akhirnya merasa sakit pada hari berikutnya. Singkatnya, otot-otot Anda telah dikontrak selama latihan, dan Anda perlu untuk mengatur ulang tubuh Anda dengan melakukan beberapa peregangan. Menggabungkan tip iniharus mengurangi kekakuan dan nyeri.

Kesimpulan

Setengah pertempuran dengan berolahraga mendapatkan dan tetap termotivasi, jadi pastikan Anda melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa dipompa, sepertimendengarkan musik. Demi keamanan, meskipun, tidak pernah putar volume begitu tinggi bahwa Anda tidak dapat mendengar suara jalan.